Pages

Thursday, March 28, 2013

Hasil Survey "Bagaimana Cara Berkomunikasi Anda?"

Assalamu’alaikum.. :)

Pada hari Rabu (27 Maret 2013) saya mendapat tugas untuk membuat sebuah survey. Survey yang telah saya buat mengenai "Bagaimana Cara Berkomunikasi Anda ?", namun saya batasi hanya berkomunikasi jarak jauh saja. Survey tersebut juga saya tujukan hanya kepada Mahasiswa TI – USU. Dan Alhamdulillah saya sudah mendapat 32 responden.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan pada survey saya :
1. Fasilitas apa yang sering Anda gunakan dalam berkomunikasi jarak jauh ? (pilihan ganda)
Pilihan :  via Mobile, via Internet, atau via Pos

2. Jika via mobile, jenis komunikasi apa yang sering Anda gunakan ? (pilihan ganda)
Pilihan : SMS ( Short Messages Service), Call ( Panggilan ), atau Seimbang

3. Berikan alasan Anda berdasarkan jawaban No. 2 (essay)

4. Jika via Internet, jenis komunikasi apa yang sering Anda gunakan ? (pilihan ganda)
Pilihan : Email (cth : Yahoo!, Gmail, dll), Social Media (cth : Facebook, Twitter, dll), Chatting (cth : GTalk, Messager, dll), Lainnya

5. Berikan alasan Anda berdasarkan jawaban No. 4 (essay)

6. Sebagai mahasiswa TI, apakah Anda berminat untuk menambah fasilitas dalam berkomunikasi ? (pilihan ganda)
Pilihan : Tidak berminat, Berminat, Sangat Berminat

7. Jika berminat, fasilitas atau teknologi apa yang ingin Anda buat atau Anda kembangkan untuk berkomunikasi ? (essay)

Berdasarkan analisa dari hasil survey tersebut, kesimpulan yang dapat saya ambil yakni :

Dalam berkomunikasi jarak jauh, via   Pos sudah tidak begitu berperan penting lagi di era teknologi ini. Via Mobile dan via Internet lah yang masih saling berkompetisi untuk memperebutkan kenyamanan pengguna dalam berkomunikasi jarak jauh, walaupun sampai saat ini masih via Mobile yang memenangkan kompetisi tersebut.

Dari sisi via Mobile, ternyata yang membuat responden (sebanyak 63%) merasa nyaman sehingga sering menggunakannya  yaitu fasilitas SMS (Short Messages Service). Dan sebanyak 13%, responden  lebih memilih fasilitas Call (Panggilan), sedangkan yang menganggap seimbang antara SMS dan Call sebanyak 25%.
        Kenapa responden lebih sering menggunakan SMS? Ternyata SMS ini diminati karena tarif nya yang murah alias penghematan biayaSelain itu mereka juga berpendapat bahwa jika dari sms lebih jelas untuk menyampaikan sesuatu.

Kemudian dari sisi via Internet, ternyata sebanyak 75% dari responden lebih sering menggunakan Social Media seperti Facebook dan Twitter  dalam berkomunikasi jarak jauh. Sedangkan fasilitas Chatting (GTalk dan Messager) dan fasilitas Email (Gmail dan Yahoo!Mail) berimbang sebanyak 3%.
           Nah, sekarang alasan responden kenapa lebih sering menggunakan social media adalah karena sudah banyak  teman-teman mereka yang telah memiliki akun di social media tersebut, jadi lebih mudah untuk berkomunikasi. Selain itu, social media seperti Facebook juga sudah memiliki fitur yang lengkap seperti chatting dan pengiriman file, serta penggunaannya yang mudah.

Ternyata sebanyak 56% dari responden berminat untuk membuat sebuah fasilitas ataupun teknologi terbaru untuk berkomunikasi jarak jauh, dan 13% mengaku bahwa mereka sangat berminat. Ternyata sifat manusia memang tidak pernah puas, walaupun zaman sekarang teknologi sudah bisa dikatakan cukup canggih, tetapi tetap berminat bahkan sangat berminat untuk membuat fasilitas dan teknologi yang lebih baik lagi.
         Beberapa responden berminat untuk menambah atau mengembangkan fitur video call dalam berkomunikasi, karena video call saat ini masih kurang berkembang di Indonesia khususnya. Beberapa juga menyebutkan bahwa mereka ingin membuat teknologi telepon tanpa biaya atau gratis.

TESTIMONI

          Survey merupakan salah satu media pendataan yang mudah dibuat, mudah diakses, dan mudah untuk diperoleh hasilnya. Survey online juga bisa membantu kita  untuk mencari tahu perkembangan teknologi apa yang diminati saat ini. Tidak hanya itu, survey secara online juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.  Sebelumnya saya hanya menganggap orang lain lebih sering melakukan paggilan (Call) daripada SMS, ternyata setelah saya melakukan survey, saya mendapat data yang valid dan membuat anggapan saya salah, buktinya menurut survey yang saya buat, SMS lah yang paling diminati saat ini.

0 comments:

Post a Comment