Pages

Tuesday, March 19, 2013

Sensasi dan Persepsi Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Assalamu’alaikum.. :)

Hari ini saya mau sedikit cerita tetang pengalaman pribadi saya dan mengkaitkannya dengan masalah “sensai dan persepsi” dalam psikologi.

       Ceritanya sih tentang liburan ke pantai bersama keluarga besar kami dalam rangka perayaan ulang tahun. Tepat tanggal 17 Februari 2013 yang lalu perayaan ulang tahun pernikahan kedua orang tua saya yang ke-21, tanggal 18 Februari ulang tahun Faiz (adik sepupu saya), tanggal 23 Februari ulang tahun Farhan (adik sepupu saya), trus tanggal 24 Februari ulang tahun Faisal, adik saya yang paling kecil yang udah ga kecil lagi sekarang.. Hehee.. Banyak yah yang ultah, jadi mendapat serangan kanker (kantong kering) secara mendadak nih..  

        Pagi itu sekitar jam 6 setelah selesai sholat Subuh, mama udah sibuk gedor2 pintu kamar saya, mama mau saya bangun lalu membuka pintunya, dan saya rasa mama pasti mau nyuruh saya buat nyiapin keperluan2 buat pergi ke pantai nanti, saya pun langsung membuka pintu karna takut kalau kelamaan dibuka, ntar mama ngerepet deh.. :D ternyata dugaan saya benar, saya disuruh nyiapin nasi yang mau dibawa buat bekal makan disana, memang sih cuma nasi doang karena lauk2nya ntar beli disana, tapi tetep aja nasinya buaaaanyak sekali, kira-kira 5 termos nasi gitu, maklum deh keluarga besar yang bakalan ngumpul..

       Sekitar jam 9 semua sudah siap untuk berangkat dan sudah masuk ke mobil kecuali saya, saya masih sibuk mencari kamera yang entah dimana. Fadlan (adik saya) yang waktu itu dapat tugas jadi supir kami ke pantai sudah sibuk membunyikan klason mobil. Fadlan dan yang lainnya pasti sudah tidak sabar menunggu saya untuk cepat masuk ke mobil dan langsung berangkat, tapi pencarian kamera masih terus berlanjut karena liburan akan terasa kurang lengkap tanpa adanya kamera yang menjeprettt… Hahaha.. Finally, kamera ketemu dan saya pun cepat2 keluar rumah, mengunci pintu dan langsung lari ke mobil. Dengan memasang kuping tebal, di mobil pun mulai lah terdengar R-E-P-E-T-A-N – R-E-P-E-T-A-N.. :D

      Alhamdulillah.. Akhirnya kami semua sampai di pantai cermin dengan selamat. Semua adik sepupu saya pun heboh ingin cepat2 bermain di pantai, termasuk saya sih. Hehehe.. Tapi baru melangkah 1 meter saja saya mendengar suare “Eheeemm” dari mama, tak lain dan tak bukan, saya pasti disuruh ngangkati barang-barang dari mobil, ternyata bener feeling saya. Tunda dulu deh main-mainnya, ngebantu ortu dulu leeeebih penting. ;)

        Setelah selesai bantuin ngangkat barang2, saya pun istirahat dulu di restoran tmpat kami memesan lauk untuk makan siang. Tiba2 mama naik ke atas panggung yang ada di restoran, waaaw.. hobi mama kambuh lagi nih, mama naik ke atas panggung dan bernyanyi. Setelah selesai satu lagu, tiba-tiba mama melambaikan tangannya ke arah kami. Mama pasti mengajak kami untuk bernyanyi bersama di atas panggung, tante-tante saya pun naik ke atas panggung tapi saya malah menggelengkan kepala. Hehehe.. belum cukup PeDe.. :P

       Makanan yang telah dipesan pun datang. Ada kepiting saus tiram, udang panggang, udang goreng tepung, ikan pari panggang, tauco kerang, gulai ikan, cah kangkung, brokoli tumis. hemmm nyammmiii.. enak2 bangeeeeet. Terciumlah aroma dari makanan-makan tersebut oleh saya. “Wangi sekali aroma makanannya. Makannya pasti sedap nih”, pikir saya. Perut pun jadi terasa lapar, rasanya pengen menyantap abis semua makanannya. Tapi harus ditahan dulu laparnya, soalnya belum semuanya ngumpul di restoran. Sambil menunggu saudara2 yang lain. Tiba2 dari agak kejauhan adik saya, Fadlan mengedipkan mata dan melirik-lirik ke arah mobil, seakan memberi kode gitu ke saya. Oh, saya mengerti. Fadlan menyuruh saya untuk mengambil kue tart yang ada di mobil. Saya pun menghampirinya dan menanyakan apa maksudnya, ternyata benar dia ingin saya membantu dia untuk mengambil kue tart yang ada di mobil. Kami pun sama2 ke mobil untuk mengambil kue tart dan lilinnya.

Baru kali ini saya melihat ada 5 lilin di atas satu kue tart, lilin angka 21, 8, dan 15. Karena ultah pernikan ortu ke-21, ultah Faiz ke-8, dan ultah Farhan dan Faisal ke-15. Hehehe.. Setelah semua saudara berkumpul, lilin dihidupkan, semua bernyanyi selamat ulang tahun, menghembus lilin, setelah itu mulai lah kami semua berdoa yang dipimpin oleh nenek kami, kemudian memberikan kado dan saling bersalaman. Akhirnya, waktunya makaaaan. Yeeeey.. Ternyata makanannya memang enak-enak semua.

Setelah selesai makan, adik-adik sepupu saya pada ganti baju, mereka langsung mau nyebur ke pantai, maklum lah anak-anak. Sedangkan saya hanya berjalan di sekitar pantai, menikmati indahnya ciptaan Allah, dan berfoto. Tapi tiba2 Amel, adik sepupu saya menarik tangan saya, dia pasti menyuruh saya untuk memotonya. Benar saja, dia asyik bergaya di depan kamera untuk saya foto. Kami pun saling bergantian untuk berfoto sesekali berfoto bersama. Puas dengan jepret-jepret, dia pun menarik tangan saya lagi, saya pikir dia ingin mengajak berfoto di tempat lain, ternyata dugaan saya salah, dia ingin saya untuk ganti baju dan ikut bermain air bersama yang lain. Kami pun mengganti baju dan mandi-mandi di pantai.

Selesai mandi-mandi di pantai kami pun mandi di kamar mandi untuk membersihkan diri. Segar rasanya setelah mandi. Amel wangi sekali, pasti dia memakai parfum yang banyak setelah mandi tadi. Semua pun ikut bersiap dan kami semua pulang menuju rumah masing-masing. Liburan kali ini benar-benar menghilangkan penat setelah sibuk dengan tugas-tugas kuliah. Hehee.. :)



Dari cerita di atas dapat kita temukan beberapa sensasi dan persepsi. Kalimat yang saya beri highlight warna biru merupakan sensasi yang saya terima dari sistem pengindraan, sedangkan kalimat yang saya beri highlight warna pink merupakan persepsi dari sensai yang telah saya terima sebelumnya.Jadi begitulah kira-kira contoh dari sensasi dan persepsi berdasarkan pengalaman pribadi saya. Mungkin masih ada beberapa sensasi dan persepsi dari cerita saya di atas yang tidak ter- highlight oleh saya atau masih ada beberapa kalimat yang belum tepat diartikan sebagai sensasi atau persepsi, saya mohon dikomentari kesalahan saya dan saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Wassalamu’alaikum.. :)

0 comments:

Post a Comment